Contoh Vegetatif Alami

Artikel ini sudah direview oleh: Zuni Yahya, S.PKP, S.Pd

Contoh Vegetatif Alami – Sebelum membahas 10 contoh vegetatif alami, tentunya Anda sudah tahu bahwa pembahasan vegetatif alami ini terkait erat dengan proses perkembang biakan pada tumbuhan.

Seperti yang Anda tahu bahwa proses perkembang biakan tidak hanya dialami oleh manusia dan hewan akan tetapi juga dialami oleh tumbuhan. Salah satu proses perkembang biakan tumbuhan adalah vegetatif alami.

Sesuai dengan namanya yakni vegetatif alami, proses yang terjadi dalam vegetatif alami ini tidak ada unsur buatan. Semua prosesnya terjadi secara alami sesuai kondisi alam dari tumbuhan itu sendiri.Di sekitar Anda tentu ada banyak sekali contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara vegetatif alami.

Contoh Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Vegetatif Alami

Perkembang biakan vegetatif alami pada tumbuhan ada beragam nama metode. Dari setiap metode vegetatif alami tersebut juga memiliki contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan metode tersebut. Untuk Anda yang sudah penasaran dengan tumbuhan vegetatif alami, berikut dibawah ini 10 contoh vegetatif alami :

1. Ganggang Biru

Ganggang Biru

Ganggang biru memiliki proses perkembang biakan dengan cara membelah diri yang artinya disini ia menggunakan cara vegetatif alami tanpa menggunakan bantuan tangan manusia.

Pembelahan yang dilakukan ini adalah dengan cara membelah sel induknya menjadi beberapa bagian sehingga menghasilkan beberapa individu anak sel baru yang secara umum tidak memiliki perbedaan sifat dengan sel induknya.

2. Bawang

Bawang seperti yang sering Anda temui sebagai bahan masakan ternyata merupakan jenis tumbuhan yang mengalami perkembang biakan jenis vegetatif alami. Pada bawang terdapat lapisan yang dapat menumbuhkan tunas baru pada bagian tengahnya atau di antara cakram dan daun tumbuhan tersebut sehingga menjadi buah baru.

Nama jenis tanaman bawang yang berkembang biak dengan tunas hasil lapisannya ini adalah jenis umbi lapis.

3. Wortel

Wortel

Wortel termasuk ke dalam jenis tanaman umbi akar yang mana memiliki cara berkembang biak dengan mengandalkan akarnya. Tanaman wortel ini memiliki bentuk akar yang besar dan berisi cadangan makanan.

Pada bagian akarnya inilah bisa tumbuh tunas menjadi buah atau tanaman baru yang sejenis. Namun perlu diingat bahwa perkembang biakan ini bisa terjadi jika cara penanaman dilakukan beserta batang tumbuhannya.

4. Kentang

Kentang

Sedikit berbeda dengan wortel, jika wortel berkembang biak dengan mengandalkan akarnya maka kentang ini berkembang biak dengan memanfaatkan batangnya. Sehingga tumbuhan ini masuk dalam jenis umbi batang.

Pada prosesnya, batang buah kentang ini tertanam di dalam tanah yang sebenarnya adalah merupakan penyimpan cadangan makanan untuk tumbuhan itu sendiri. Dari batang yang menyimpan cadangan makanan tersebutlah bisa tumbuh tunas baru yang tentunya sejenis dan menjadi individu baru.

5. Strawberry

Strawberry

Perkembang biakan strawberry dinaman dengan geragih yang mana batang pada tumbuhan strawberry ini menjalar pada permukaan tanah. Dari batang yang menjalar tersebut ada ruas batang yang menempel pada tanah tersebut dan bisa tumbuh menjadi tunas strawberry baru.

6. Pisang 

Pisang

Pada pohon pisang bisa Anda lihat bahwa pohon ini berkembang biak dengan bertunas dari batang pohonnya itu sendiri. Perkembang biakan pisang ini dikategorikan sebagai metode adventif bertunas.

7. Cocor bebek

Cocor Bebek

Hampir sama dengan pohon pisang, tanaman cocor bebek juga masuk ke dalam kategori perkembang biakan adventif. Namun perbedaannya adalah pada cocor bebek, tunas baru akan tumbuh pada bagian daunnya dan bukan pada batangnya.

8. Jamur

Jamur

Tumbuhan jamur berkembang biak dari spora yang ada pada tepi daun tumbuhan ini. Kotak spora yang ada pada tumbuhan jamur akan dengan sendirinya tumbuh menjadi tunas baru.

9. Jahe

Jahe

Seperti yang bisa Anda lihat bahwa jahe merupakan tumbuhan yang batangnya tumbuh di bawah tanah. Perkembang biakan jahe ini memodifikasi batang yang tumbuh tersebut menjadi beberapa ruas yang mana ruas tersebut akan tumbuh menjadi tunas jahe baru.

10.  Ganggang Spirogyra

Ganggang Spirogyra

Hampir sama dengan ganggang biru, pada tumbuhan ini perkembang biakan yang dilakukan adalah dengan cara memotong bagian tubuhnya sendiri sehingga menjadi bagian individu baru.

10 contoh vegetatif alami yang disebutkan di atas merupakan jenis-jenis tanaman yang mengalami perkembang biakan secara vegetatif alami yang mana tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya. Meskipun proses yang dilalui berbeda-beda namun semua metode perkembang biakannya masuk pada vegetatif alami. 

Baca juga :