Jenis Ikan Aquascape dan Harganya

Aquarium Aquascape Yang Keren
Aquarium Aquascape Yang Keren

Sahabat sekalian, Banyak cara manusia untuk menyalurkah hobinya yang berhubungan dengan tingkat aktifitasnya.

Semakin tinggi tingkat aktifitasnya, semakin tinggi pula peluang suksesnya. Sehingga hobi tersebut menjadi sebuah profesi, sebagai sumber pendapatan.

Salah satu hobi dan berpeluang menjadi profesi adalah penyediaan ikan hias untuk akuarium aquascape. Baik sahabat, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Jenis Ikan Aquascape dan Harganya Terbaru.

Aquascape

Ada orang yang meluangkan sepenuh waktunya untuk menjalankan hobinya sehingga menjadi sebuah  profesi yang bernilai ekonomi.

Tapi ada juga yang meluangkan sebagian waktunya untuk menjalankan hobinya sebagai aktifitas sampingan penghilang rasa stress dan jenuh saat aktifitas bekerja.

Aquarium Aquascape Yang Keren
Aquarium Aquascape Yang Keren

Apapun itu, banyak orang yang menyalurkan hobinya pada Aquascape. Aquascape pada prinsipnya akuarium yang terdiri ikan dan tanaman.

Aquascape merupakan Seni yang diterapkan pada akuarium yang terdiri dari komponen-komponen alami dan atau berkesan alami seperti kayu apung,  air, koral, batu dan batu karang serta bahan lain yang diatur sedemikian rupa sehingga nampak seperti kebun di dalam air.

Mengapa Aquascape menggunakan akuarium ?.

Akuarium dipilih dalam penerapan Aquascape karena dilihat dari segi kemudahan baik dalam pemeliharaan dan pembersihan.

Selain dari itu dilihat dari segi ikan hiasnya, yang begitu banyak jenisnya yang dapat kita pilih.

Dengan akuarium sederhana yang bernilai estetika seni dan ikan hias yang cantik, sahabat sekalian sudah bisa menikmati keindahan alam air seperti alam aslinya.

Para sahabat sekalian, tidak ada batasan dalam memodifikasi aquarium menjadi Aquascape. Kita bebas memodifikasi akuarium sesuai dengan selera dan keinginan.

Yang ada hanya sejauh mana kita bisa mendesain akuarium yang berkesan alami dan kreatif seni, sehingga seperti  habitat asli untuk jenis ikan yang kita pelihara.

Untuk itu pada tulisan ini akan kita bahas jenis ikan hias yang dapat kita pelihara di Aquascape.

Jenis Ikan Hias Aquascape dan Harganya

Ada tiga kriteria dalam memilih ikan hias yang cocok di Aquascape yaitu ukuran, warna, dan bentuk.

Ukuran ikan hias Aquascape hendaknya berukuran kecil dengan alasan : ikan kecil biasanya tidak akan merusak tumbuhan yang sudah kita posisikan dalam Aquascape dan ikan hias ukuran kecil umumnya lebih indah.

Selain ukuran ikan hias yang kecil, kriteria selanjutnya adalah ikan tersebut mempunyai warna yang cantik.

Aquascape yang sudah kita desain sedemikian rupa membutuhkan sentuhan keindahan, dengan warna ikan hias yang cantik akan menambah nilai estetika seni pada akuarium kita.

Dari segi bentuk tubuh ikan hias juga harus mendukung demi tercapainya nilai estetika seni yang tinggi.

Bentuk tubuh ikan hias yang kita pilih hendaknya yang unik, yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Dengan terpenuhinya ketiga kriteria tersebut kita sudah bisa menikmati Aquascape yang indah seperti alam aslinya setiap harinya.

Berikut ini ada beberapa jenis ikan hias yang dapat kita pilih untuk mengisi Aquascape kita di rumah.

#1 Guppy

Guppy - Ikan Hias di Aquaspace
Guppy – Ikan Hias di Aquascape

Ikan hias guppy adalah ikan hias yang dapat kita pertimbangkan untuk kita pilih menjadi penghuni Aquascape kita.

Karena ikan hias guppy masuk dalam kriteria ikan hias dengan ukuran kecil. Dari segi bentuk, ikan hias guppy juga mempunyai bentuk tubuh yang khas yang membuat kita tidak asing lagi saat mendengar ikan hias guppy.

Selain dari segi ukuran dan bentuk, dari segi warna jenis ikan hias ini mempunyai warna yang cantik dan indah untuk kita pandang. Sehingga ikan hias guppy sangat cocok untuk menghiasi Aquascape kita di rumah.

Dari segi harga pun, ikan hias guppy ini amatlah terjangkau. Hanya dengan Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias guppy dan membawanya pulang.

#2 Rainbow

Rainbow - Ikan Hias di Aquaspace
Rainbow – Ikan Hias di Aquascape

Melihat namanya, kita sudah dapat menebak bahwa ikan hias ini identik dengan warna warni seperti pelangi.

Selain ukurannya yang kecil, jenis ikan hias ini memiliki kombinasi warna yang cantik dan bentuk tubuh yang khas dan unik.

Dalam perawatannya pun sangat mudah dan tidak perlu khawatir saat dicampur dengan ikan hias yang lain.

Dari segi harga pun, jenis ikan hias rainbow ini tidak mahal malah sangat terjangkau. Hanya dengan Rp. 15.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias rainbow dan membawanya pulang.

#3 Manfish

Manfish - Ikan Hias di Aquaspace
Manfish – Ikan Hias di Aquascape

Jenis ikan hias manfish yang disebut juga ikan layang atau ikan belang merupakan ikan yang banyak di cari.

Selain mempunyai bentuk tubuh yang khas dan unik, juga mempunyai warna yang indah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan ikan hias peliharaan di Aquascape.

Selain itu, ikan hias manfish sangat mudah dalam pemeliharaan termasuk dalam pemberian pakan, kita bisa membeli pakan pelet yang ukuran kecil atau cacing sutra.

Dari segi harga pun, jenis ikan hias manfish ini sangat terjangkau. Hanya dengan Rp. 1o.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias manfish dan membawanya pulang.

Baca juga : Jenis Ikan Manfish Dan Harganya Terbaru 2019

#4 White Cloud

White Cloud - Ikan Hias di Aquaspace
White Cloud – Ikan Hias di Aquascape

Jenis ikan hias white cloud ini memang baru muncul di pasaran, sehingga belum banyak dikenal dikalangan masyarakat. Ikan hias white cloud memiliki corak warna yang khas dan cantik yang memanjakan mata yang melihatnya.

Ikan hias jenis ini berukuran kecil tidak jauh beda dengan ikan neontetra. Ikan hias yang mempunyai sirip panjang nan cantik ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu koleksi di Aquascape kita.

Dari segi harga, jenis ikan hias white cloud ini sangat terjangkau dibandingkan dengan yang lain. Hanya dengan Rp. 6.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias ini dan membawanya pulang.

#5 Neon Tetra

Neon Tetra - Ikan Hias di Aquaspace
Neon Tetra – Ikan Hias di Aquascape

Ikan neon tetra sangat cocok untuk dipelihara di Aquascape karena salah satu ciri khasnya adalah kecenderungan bergerombol.

Coba bayangkan, ikan hias dengan warna warni yang menawan kemudian bergerak secara menggerombol di Aquascape kita. Nah alangkah menakjubkan, iya kan !

Dari segi harga, jenis ikan hias neon tetra ini sangat murah, hanya dengan Rp. 1.500 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias ini dan membawanya pulang.

#6 Neon Cardinal-Tetra

Neon Cardinal-Tetra - Ikan Hias di Aquaspace
Neon Cardinal-Tetra – Ikan Hias di Aquascape

Ciri khas ikan hias jenis neon cardinal-tetra hampir mirip dengan neon tetra, yang membedakan adalah warna dominan merah pada ikan hias jenis cardinal tetra.

Selain warna merah yang dominan, ikan hias jenis ini terdapat warna biru dan silver.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini sangat murah, hanya dengan Rp. 2000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias ini dan membawanya pulang.

#7 Neon Sarpae-Tetra

Neon Sarpae-Tetra - Ikan Hias di Aquaspace
Neon Sarpae-Tetra – Ikan Hias di Aquascape

Masih dalam jenis neon, ikan hias jenis neon sarpae tetra memiliki warna oranye dan warna sirip yaitu merah.

Kemudian yang membedakannya lagi adalah bentuk tubuh ikan jenis neon satu ini lebih lebar dan adanya corak warna hitam pada bagian kepala belakang.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini sangat murah, hanya dengan Rp. 3000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias ini dan membawanya pulang.

#8 Neon Diamond-Tetra

Neon Diamond-Tetra - Ikan Hias di Aquaspace
Neon Diamond-Tetra – Ikan Hias di Aquascape

Masih dari jenis ikan neon, sesuai dengan namanya ikan neon jenis ini memiliki corak khas berlian. Ditambah ikan ini akan berkilau jika dalam kegelapan yang menambah kuat corak khasnya berlian yang berkilau dengan warna cantiknya.

Ikan hias jenis ini mempunyai warna dominan biru kehitaman yang melengkapi keindahan daripada ikan jenis neon diamond-tetra ini.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini sangat murah, hanya dengan Rp. 2.500 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias jenis neon diamond-tetra ini dan membawanya pulang.

#9 Neon Glowlight-Tetra

Neon Glowlight-Tetra - Ikan Hias di Aquaspace
Neon Glowlight-Tetra – Ikan Hias di Aquascape

Ciri khas ikan hias  ini adalah warna tubuh lebih dominan transparan dan di tengah tubuh yaitu dari kepala sampai ujung ekor mempunyai garis oranye. Mempunyai bentuk juga warna yang menawan, sehingga jenis ikan hias ini banyak dicari.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini sangat murah, hanya dengan Rp. 2.500 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias jenis neon glowlight-tetra ini dan membawanya pulang.

#10 Zebra Danio

Zebra Danio- Ikan Hias di Aquaspace
Zebra Danio- Ikan Hias di Aquascape

Sesuai dengan namanya ciri khas ikan hias satu ini memiliki corak seperti zebra.

Ikan hias jenis ini mempunyai bentuk yang unik dan beranekaragam warna nan cantik . Tak heran ikan hias jenis ini juga banyak dicari, khususnya untuk yang berwarna merah dan biru.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini terjangkau. Hanya dengan Rp. 10.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias jenis ini dan membawanya pulang.

#11 Cae

Cae - Ikan Hias di Aquaspace
Cae – Ikan Hias di Aquascape

Selanjutnay yaitu ikan hias cae (chinese alga-eater), ikan hias jenis ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu suka hidup di dasar akuarium. Hampir mirip dengan ikan jenis sapu-sapu.

Ikan hias jenis ini mempunyai corak warna elegan dan cantik yaitu kuning emas dengan panjang kisaran 5 cm.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini terjangkau. Hanya dengan Rp. 6.500 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias jenis ini dan membawanya pulang.

#12 Sae

Sae - Ikan Hias di Aquaspace
Sae – Ikan Hias di Aquascape

Ikan hias jenis ini hampir mirip dengan ikan hias jenis cae tapi yang membedakan ikan jenis sae (siamese algae-eater), yaitu pada corak warna yaitu warna silver juga garis hitam pada bagian tengah tubuh.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini terjangkau. Hanya dengan Rp. 6.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias jenis ini dan membawanya pulang.

#13 Chili Rasbora

Chili Rasbora - Ikan Hias di Aquaspace
Chili Rasbora – Ikan Hias di Aquascape

Ukuran jenis ikan hias ini sangat kecil yaitu 4-5 cm. Ciri khasnya adalah dari kepala sampai ujung ekor adalah berwarna merah terang.

Dari segi harga, jenis ikan hias ini terjangkau. Hanya dengan Rp. 8.000 tiap ekor, kita sudah bisa memiliki ikan hias jenis ini dan membawanya pulang.

Daftar Harga Ikan Hias Lainnya

Sahabat sekalian, sebagai penutup kami ingin berbagi informasi tambahan mengenai harga-harga ikan hias yang sering dipelihara di Aquascape para pecinta jenis ikan hias, sebagai berikut :

Nama IkanHarga /Ekor
DiskusRp. 50.000
SumatraRp. 4.000
Red EyeRp. 6.000
NoseRp. 3.000
SepatRp. 15.000
CorydorasRp. 20.000
PlatyRp. 3.000
BalonRp. 2.000

Demikian sedikit berbagi informasi tentang Jenis Ikan Aquascape dan Harganya Terbaru yang dapat kami sampaikan.

Semoga bisa menjadi referensi para sahabat sekalian dalam memiliih jenis ikan yang cocok untuk Aquascape yang sudah sahabat sekalian persiapkan.  Kami ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan di website kami.

0 Shares: