Jenis Ikan Manfish Dan Harganya

Jenis Ikan Manfish
Jenis Ikan Manfish

Berbicara tentang ikan hias tentulah tidak akan ada habisnya. Begitu banyak jenis dan macamnya sehingga akan butuh banyak waktu dalam membahasnya.

Ada ikan hias jenis air laut dan jenis air tawar dan ada juga ikan hias predator, dan masing-masing ada begitu banyak spesies ikan hias.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang salah satu ikan hias dari jenis air tawar yaitu manfish atau angel fish.

Kita sering menyebutnya dengan nama ikan layang-layang. Ikan hias jenis ini sangat kami rekomendasikan untuk dipelihara sebagai ikan hias di rumah para sahabat sekalian.

Ikan manfish dengan nama ilmiah pterophylium scalare mempunyai ciri khas yang unik dan menawan sehingga tidak heran jika disebut sebagai Angelfish.

Klasifikasi Ikan Manfish

Klasifikasi jenis ikan hias manfish menurut Schultze (1823) yaitu :

  • Kingdom => Animalia
  • Sub Kingdom => Metazoa
  • Phylum => Chordata
  • Sub phylum => Vertebrata
  • Superclass => Osteichthyes
  • Class => Actinopterygii
  • Ordo => Perciformes
  • Family => Cichlidae
  • Genus => Pterophyllum
  • Species => Pterophyllum scalare

Morfologi Manfish

Anglefish mempunyai ciri khusus yang tidak dipunyai oleh ikan hias jenis lain, bentuk tubuh yang pipih dilengkapi dengan sirip bagian atas dan bawah dengan ekor yang panjang.

Dengan bentuk tersebut dan gerakannya yang lambat membuat ikan hias ini mirip seperti gerakan layang-layang yang sedang terbang di atas udara.

Secara umum morfologi ikan manfish mempunyai tubuh yang berwarna keperakan dan terdapat garis vertikal yang melintang, mata berwarna merah.

Namun secara khusus setiap jenis ikan hias ini mempunyai karakteristik warna dan ciri khas yang berbeda-beda.

Ikan hias jenis manfish ukuran panjangnya bisa mencapai 7,5 cm bahkan bisa mencapai lebih dari 25 cm.

Baca juga Jenis Ikan Aquascape dan Harganya

Fisiologi Ikan Manfish

Secara fisiologi ikan manfish tidak memiliki sifat agresif terhadap ikan yang lain, sehingga dalam sebuah akuarium dapat dicampur dengan ikan hias yang lain.

Kemudian untuk pakan, ikan manfish bisa menerima makanan berupa blood worm, cacing kering, jentik nyamuk, dan jenis pakan pelet yang dapat dibeli di toko pakan ikan.

Habitat Manfish

Ikan hias manfish ini dapat hidup di perairan tawar dengan pergerakan arus yang tenang dan yang banyak ditumbuhi tanaman.

Kisaran pH untuk ikan manfish agar dapat hidup optimal adalah 6-8. Ikan hias jenis manfish ini mempunyai kisaran suhu ideal air yaitu 24-30 derajat celcius.

Walaupun ikan manfish berasal dari tempat yang jauh yaitu Brazil, Kolombia dan Peru tepatnya di Amerika Selatan Sungai Amazon, tapi Ikan manfish sudah banyak dikembangkan dan dibudidayakan termasuk di indonesia.

Bahkan sampai saat ini permintaan pasar semakin meningkat, sehingga merupakan peluang yang sangat bagus bagi yang mau mengembangkan dan membudidayakan ikan manfish ini.

Jenis Dan Harga Ikan Manfish Terbaru

Lebih jelasnya marilah kita simak jenis-jenis ikan manfish yang paling terkenal dikalangan masyarakat, sebagai berikut :

#1 Zebra

Manfish zebra
Manfish zebra

Sesuai dengan namanya, ikan hias ini mempunyai garis yang vertikal sehingga mirip dengan zebra. Ikan ini sangat terkenal, sehingga sangat mudah ditemukan di toko ikan hias.

Karena kemiripannya dengan zebra, para pecinta ikan manfish menyebutanya dengan Manfish Zebra atau Zebra Angel-Fish.

Secara morfologi ikan manfish jenis ini mempunyai tubuh dengan warna dasar kehijauan, warna putih pada sirip dada, dan mata yang berwarna merah.

Dan terdapat ciri khas pada tubuhnya yaitu ada 4 garis yang berwarna hitam sehingga tampak seperti warna pada zebra.

Sahabat sekalian, untuk harga sendiri sangat bervariasi tergantung wilayah. Ada satu wilayah tertentu harga lebih murah dan di wilayah lain malah lebih mahal.

Sampai saat ini harga ikan hias jenis ini berkisar antar Rp. 5.000 – Rp. 7.000 per ekornya.

#2 Slayer Black and White

Manfish Slayer Black and White
Manfish Slayer Black and White

Jenis ikan manfish selanjutnya yaitu dari jenis slayer black and white. Ikan ini merupakan jenis yang paling disukai karena mempunyai karakter yang unik dan khas yang menarik untuk dijadikan peliharaan.

Secara morfolgi ikan manfish Slayer Black and White, sesuai dengan namanya mempunyai tubuh yang berwarna hitam putih dan panjangnya bisa mencapai 20 cm bahkan ada yang bisa lebih dari itu.

Untuk mempelihara ikan Manfish Slayer Black and White di rumah, anda harus mengeluarkan anggaran Rp. 10.000 – Rp. 25.000 per ekornya.

Harga biasanya dipengaruhi oleh ukuran ikan itu sendiri dan wilayah / tempat dimana anda membeli, karena biasanya setiap daerah harganya berbeda-beda.

#3 Silver / Perak

MANFISH SILVER / PERAK
MANFISH SILVER / PERAK

Di Indonesia, sudah banyak masyarakat yang mengembangkan dan membudidayakan Ikan hias jenis manfish silver

Sehingga kita tidak akan kesulitan menemukan ikan hias jenis manfish silver ini di banyak wilayah di negara indonesia.

Secara morfologi ikan manfish silver mempunyai warna yang unik dan khas yaitu silver (perak) dengan garis vertikal yang berwarna hitam.

Umumnya garis pada tubuhnya tersebut berjumlah tiga. Ikan hias manfish jenis ini mempunyai bentuk tubuh yang pipih.

Keunikan lain ikan hias ini adalah adanya warna kuning agak kehitaman yang tepat menghiasi di bagian atas tubuhnya mulai dari bagian kepala sampai bagian ekor yang membuat kita tidak bosan memandangnya.

Secara fisiologi, ikan hias jenis ini mempunyai ketahanan tubuh yang bagus yang membuat ikan manfish silver mampu hidup di lingkungan ekstrim.

Sehingga menambah keunikan lain dari ikan ini. Bahkan ikan hias ini tidak gampang mati sehingga lebih mudah untuk dipelihara.

Dari segi harga, ikan hias manfish silver tidaklah terlalu mahal. Untuk bisa memeliharanya sahabat dapat mempersiapkan anggaran Rp. 10.000 saja.

#4 Half Black / Setengah Hitam

Angelfish Half Black
Angelfish Half Black

Sahabat sekalian, selanjutnya adalah ikan manfish jenis half black. Ikan hias jenis ini kurang populer di pasaran, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba memeliharanya.

Karena ikan ini sangat unik karena mempunyai corak khas dengan warna tubuh yang setengah hitam.

Secara morfologi, sesuai dengan namanya “half black” pada tubuh bagian belakang, sirip punggung dan perutnya berwarna dasar yang setengah hitam.

Pada bagian belakang berwarna putih agak kekuningan dan berwarna merah pada mata. Kemudian pada sirip dada bagian atas mempunyai warna putih dan bagian atas yang depan mempunyai warna kuning keemasan.

Untuk harga sendiri, ikan manfish jenis Half Black dijual kisaran Rp. 5.000 bahkan bisa lebih besar dari itu, tergantung ukuran dan wilayah masing-masing.

#5 Gold / Emas

Manfish Gold
Manfish Gold

Sahabat Sekalian, selanjutnya akan kita bahas tentang ikan manfish jenis gold. Dilihat dari namanya yang begitu elegan, ikan ini identik dengan warna emas. Karena memang, warna emas sangat mendominasi warna tubuhnya dibandingkan perak.

Ikan jenis ini sangat populer di Indonesia, karena menurut sejarah ikan jenis ini berada diindonesia sejak dari tahun 1960-an. Sangat wajar ya, kalau ikan ini sangat terkenal.

Secara morfologi ikan jenis ini mempunyai tubuh dengan warna perak keemasan tapi lebih banyak emasnya, mata tidak berwarna merah seperti pada manfish jenis lainnya tapi berwarna hitam.

Sirip pada dadanya berwarna putih dan bagian punggung berwarna emas oranye, dan berwarna emas bening pada sirip bagian ekor dan perut.

Sahabat sekalian, perlu diketahui bahwa pada saat kecil warna-warna yang saya sebutkan di atas tidaklah muncul dan warna emas akan semakin mencolok seiring dengan bertambahnya usia ikan manfish jenis gold ini.

Untuk harga sendiri sangatlah terjangkau, kisaran Rp. 7.500 – 15.000 bahkan bisa lebih dari itu, tergantung ukuran dan wilayah masing-masing.

#6 Marble

Manfish Marble
Manfish Marble

Sahabat sekalian yang berbahagia, selanjutnya ikan manfish jenis marble. Secara morfologi ikan ini memiliki tubuh dengan warna dasar yaitu warna marmer atau sering disebut batu marmer.

Selanjutnya di sisi kepala ikan manfish jenis ini berwarna sedikit emas / kuning lemon dan untuk siripnya terdapat garis yang berwarna hitam.

Ikan manfish jenis marble sangat cocok untuk sahabat pelihara di akuarium di rumah.

Harga pun tidak begitu mahal, cukup dengan anggaran Rp. 5000 – Rp. 7.500 saja para sahabat sudah bisa membawa pulang ikan manfish jenis marble ini.

#7 Blushing

Manfish Blushing
Manfish Blushing

Waw blushing on, benar sahabat sekalian. Sesuai dengan namanya yang artinya “memerah” ikan manfish jenis ini identik dengan merah seperti sedang ber make up dengan blush on.

Secara morfologi, ikan manfish jenis ini mempunyai ciri-ciri : mata warna hitam, sirip dan tubuh warna putih tulang, tubuh mempunyai warna dasar yang putih, pipi warna merah hampir mirip make up dengan blush on,

Untuk harga cukup terjangkau dan bervariasi tergantung ukuran dan wilayah masing-masing.

#8 Koi

Manfish Koi
Manfish Koi

Selanjutanya, jenis-jenis ikan manfish adalah Koi Angel-Fish. Sahabat sekalian !, mengapa namanya Koi, karena secara bentuk dan juga warna hampir mirip dengan ikan jenis koi.

Secara morfologi, ikan manfish jenis ini, mempunyai ciri-ciri : sirip warna putih bening, tubuh berwarna dasar putih bening agak oranye kemerah-merahan, dan pada tubuhnya terdapat bercak hitam.

Sahabat sekalian, untuk harga cukup terjangkau kisaran Rp. 15.000 atau lebih tergantung ukuran dan wilayah masing-masing.

#9 Dusky Blushing

Manfish Dusky Blushing
Manfish Dusky Blushing

Sahabat sekalian, Ikan manfish jenis ini mirip dengan jenis blushing tapi bedanya pada ikan manfish jenis ini mempunyai Dusky.

Jadi maksudnya pada pipi mempunyai warna merah (blushing) dan mata warna hitam (dusky).

Ikan manfish jenis ini pada tubuhnya mempunyai warna dasar putih, mata hitam, dan pada siripnya terdapat garis berwarna hitam.

Sahabat sekalian, untuk harga ikan manfish jenis ini cukup terjangkau dan bervariasi tergantung ukuran dan
juga wilayah masing-masing.

#10 Althum

Manfish Althum
Manfish Althum

Sahabat yang berbahagia, terakhir adalah ikan manfish jenis althum. Althum sendiri jika kita artikan adalah “tinggi”. Maksudnya ikan manfish jenis ini merupakan jenis yang terbesar dan termahal.

Secara morfologi ikan manfish jenis ini mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai ukuran maksimal bisa mencapai 40 cm dalam kondisi yang optimal dan dirawat dengan baik.

Tubuh berwarna hitam kecoklatan atau ada juga putih keabu abuan. Kemudian dari bagian atas sampai sampai bagian bawah terdapat 3 garis secara vertikal yang berwarna hitam

Dan kemudian pada ekor ikan hias manfish jenis ini mempunyai belang-belang yang berwarna oranye dan putih.

Ikan manfish jenis ini, sangat cocok sahabat pelihara di rumah karena mempunyai sifat yang tidak agresif.

Untuk harga pun bervariasi paling rendah harganya Rp. 15.000 bisa lebih tinggi tergantung ukuran dan wilayah masing-masing.

Sahabat sekalian, demikian informasi mengenai jenis-jenis ikan manfish/angelfish atau sering kita sebut ikan layang-layang dan sedikit informasi mengenai harga masing-masing jenis ikan manfish yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

0 Shares: