Mengenal Prosesor

Artikel ini sudah direview oleh: Zuni Yahya, S.PKP, S.Pd

Mengenal Prosesor – pernahkan anda menggunakan sebuah perangkat ponsel? Tentu sudah ya. Nah ternyata, tidak hanya manusia saja yang punya otak untuk memberikan perintah yang akan dilakukan. Ponsel juga punya otak yang biasa disebut prosesor.

Tahukah Anda Prosesor !

Prosesor

Prosesor merupakan unit pusat kerja pada sebuah perangkat yang akan memproses perintah yang kita berikan untuk dilakukan oleh sebuah perangkat. Prosesor sering kita sebut dengan Otak Perangkat atau Central Processor Unit CPU yang terdapat pada perangkat seperti ponsel dan komputer.

Macam-macam Prosesor

Banyak prosesor yang sedang dikembangkan oleh para produsen pada saat ini, namun beberapa prosesor yang sering digunakan pada sebagian besar ponsel antara lain Exynos, MediaTek, dan Snapdragon.

Masing-masing prosesor menawarkan keunggulan dari masing-masing. Jika anda ingin memiliki ponsel alangkah baiknya perhatikan spesifikasi dari prosesor yang digunakan ponsel yang hendak anda miliki, tentunya disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Karena semakin tinggi spesifikasi prosesor biasanya makin tinggi juga harganya.

Cara Memilih Prosesor

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih prosesor, antara lain:

  1. Chipset, merupakan komponen tempat prosesor yang berfungsi sebagai pengatur informasi antara prosesor dengan komponen-komponen lainnya sehingga operasi sistem ponsel dapat berjalan.
  2. Clock Speed, merupakan sebuah ukuran kecepatan maksimal yang dapat dilakukan oleh core dalam rentang waktu per detik. Dalam memilih prosesor, pilihlah minimal nilai clock speed 1,5 GHz karena jika dibawah nilai tersebut maka dapat menghambat kinerja ponsel sehingga menjadi lambat.
  3. Core, merupakan inti dari sebuah prosesor misal dual core berarti prosesor memiliki inti ganda ada lagi quad core ( 4 inti), hexa core (6 inti), dan octa core (8 inti). Semakin banyak inti maka semakin bagus karena operasi sistem akan semakin cepat dan lancar.
  4. GPU, merupakan pengontrol fungsi grafis. GPU atau Graphicks Processing yang bagus akan berpengaruh pada tampilan grafis pada ponsel yang lebih detail. Kinerja GPU dipengaruhi oleh jumlah core dan clock speed pada processor. 

Snapdragon Atau MediaTek

Sebagai contoh dalam memilih prosesor ponsel, berikut kami ilustrasikan dari dua prosesor yang banyak digunakan di beberapa produk ponsel.

  1. MediaTek : GPU lebih rendah sehingga prosesor menggunakan RAM yang lebih sedikit dan Lebih sedikit variasi lebih fokus kelas menengah hingga atas bahkan pada tahun 2018 hanya merilis seri Helio P saja.
  2. Snapdragon : Prosesor mampu merender grafis sehingga memberikan tampilan visual yang lebih halus tapi lebih banyak memakan RAM dan Lebih banyak variasi dan selalu update varian pada prosesor terbarunya.
  3. Namun MediaTek juga bisa menjadi pertimbangan dengan berbagai kualitas dan fitur yang tidak dimiliki oleh prosesor snapdragon. Begitupun snapdragon yang mempunyai berbagai keunggulan tersendiri. Kembali lagi ke selera masing-masing.

Demikian sedikit berbagi informasi terkait prosesor. Semoga bermanfaat.

Baca juga :