Cara Mengatasi File Pdf Tidak Bisa Di Print

Artikel ini sudah direview oleh: Zuni Yahya, S.PKP, S.Pd

Pdf Tidak Bisa Di Print – Mengikuti perkembangan teknologi dalam terima kirim dokumen pada saat ini yang dapat mengefektifkan jarak dan waktu. Banyak dokumen resmi yang di-scan kemudian diubah menjadi format pdf dan dikirim via email atau media online lainnya.

Bahkan sudah banyak instansi pemerintah maupun swasta yang sudah menyediakan website untuk mengupload persyaratan tertentu dalam bentuk pdf. Karena ini lebih efektif, selain karena menghemat waktu karena jarak dari segi ukuran kb pun dapat kita sesuaikan.

Sudah tau apa pdf?. Pdf merupakan dokumen file yang menyajikan dokumen berupa teks maupun gambar dengan format file Adobe yang fleksibel bisa dibuka menggunakan smartphone, komputer, dan web browser.

Format Pdf dikembangkan oleh Adobe yang dirilis pada tahun tahun 90-an dan sudah sesuai standar ISO 32000 pada tahun 2008. File Pdf dapat berisi teks, grafik, gambar, dan informasi lain yang bersifat tetap. Format Pdf sangat membantu dalam dunia file digital seperti saat ini.

Di dalam dokumen pdf terdapat fitur kunci yang bermanfaat untuk mengunci dokumen agar tidak dapat diedit maupun dicetak. Karena ada fitur ini, sebagian orang kesulitan yang membutuhkan pdf untuk diprint dan membacanya di hasil cetakan kertas. 

Cara Mengatasi Pdf Tidak Bisa Di Print

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi Pdf yang tidak bisa kita cetak. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan membuka kunci secara online. Cara ini dipilih karena sangat simpel dan tentunya gratis. Berikut cara mengatasi Pdf tidak bisa di print.

Langkah-Langkah Mengatasi Pdf Tidak Bisa Di Print

  1. Buka web browser dan kemudian ketik url www.unlock-pdf.com dan enter.
    Unlock-Pdf1
  2. Klik “Choose File” untuk memasukkan File Pdf Tidak Bisa Di Print.
    Unlock Pdf2
  3. Kemudian klik “Unlock File”  dan tunggu hingga proses selesai.
    Unlock Pdf 3
  4. Selesai, jika ada perintah “Simpan File” silahkan simpan saja, biasanya File akan otomatis tersimpan di folder download.

Baca juga :

Sampai disini proses cara mengatasi Pdf tidak bisa di print sudah selesai. Langkah selanjutnya anda dapat mengecek apakah file Pdf tersebut sudah bisa di print atau belum dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader dengan cara sebagai berikut.

Langkah-Langkah Cek Unlock Pdf

  1. Cari folder “downloads”di Drive C Komputer anda.
    Unlock Pdf 4
  2. Arahkan kursor pada File Pdf Tidak Bisa Di Print kemudian tekan mouse sebelah kanan dan pilih “Open With” pilih “Adobe Reader”.
    Unlock Pdf 5
  3. Kemudian Klik menu “File” dan pilih “Properties” kemudian klik pada menu “Security”. Jika ada tulisan “Printing : Allowed”, maka “File Pdf Tidak Bisa Di Print” sudah dapat anda cetak menggunakan printer anda. Selesai
    Unlock Pdf 6
    Unlock Pdf 7

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu anda. Karena terkadang kita membutuhkan file tertentu yang kita cari menggunakan via online, setelah kita mendapatkan file ternyata file pdf tidak bisa di print.

Penguncian file Pdf oleh pembuat biasanya dilakukan agar file tersebut terlindungi dari pengeditan atau agar tidak tersebar luas di masyarakat. Jadi marilah kita menggunakan cara ini secara bijak, atau dengan mendapatkan izin dari pembuat file Pdf yang terkunci tersebut. 

Tidak semua file Pdf yang tersedia di internet terkunci. Sehingga setelah anda download file Pdf yang anda butuhkan alangkah baiknya sebelum di Unlock, cek terlebih dahulu terkunci atau tidak dengan menggunakan cara di atas.

Demikian sedikit informasi ilmu Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) tentang Cara Mengatasi Pdf Tidak Bisa Di Print yang dapat disampaikan. Semoga bermanfat dan selalu jaga kesehatan ya.

Baca juga :