Pengertian Limbah Organik

Artikel ini sudah direview oleh: Zuni Yahya, S.PKP, S.Pd

Pengertian Limbah Organik – Sebelum membahas definisi atau pengertian limbah organik, perlu Anda tahu bahwa jenis limbah yang ada di sekitar Anda ada banyak sekali. Limbah sendiri merupakan sampah atau benda-benda buangan yang menjadi hasil dari sebuah proses produksi. Baik itu produksi pabrik, industri, rumah dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali bentuk dan jenis limbah yang terbentuk karena pembuangan proses produksi tersebut. Jika dilihat dari segi senyawa kimia yang ada di dalam limbah, limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah organic dan anorganik. Kedua jenis limbah tersebut banyak bisa Anda temukan di lingkungan sekitar Anda.

Apa yang Dimaksud Dengan Limbah Organik?

Pengertian limbah organik adalah bentuk pembuangan yang unsur di dalamnya masih banyak dari alam.

Limbah organik juga merupakan pembuangan yang masih memungkinkan dapat diuraikan oleh bakteri. Limbah organik berbeda dengan limbah anorganik. Limbah organik tidak berasal dari pembuangan suatu pabrik atau industri akan tetapi berasal dari pembuangan hasil sisa aktivitas hewan, manusia, dan juga tumbuhan.

Jika limbah anorganik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai, maka hal ini berbeda dengan limbah organik yang notabennya mudah terurai dan bisa didaur ulang menjadi hal yang bermanfaat kembali bagi kehidupan.

Dengan proses penguraian yang cepat dan sifatnya yang mudah didaur ulang tersebutlah yang menjadikan limbah organik ini menjadi limbah yang terbilang sangat bermanfaat dan membawa dampak positif dalam kehidupan manusia.

Contoh dan Penerapan Manfaat Limbah Organik

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa limbah organic termasuk limbah yang tidak lantas hanya menjadi parasit dalam kehidupan akan tetapi memiliki manfaat dan peran yang cukup besar dalam kehidupan. Hal tersebut mengingat sifatnya yang bisa didaur ulang menjadi berbagai bentuk hal.

Bagi Anda yang belum tahu apa saja contoh dan penerapan limbah organik, berikut di bawah ini bisa Anda simak beberapa contohnya :

1. Kotoran Hewan dan Manusia

Bagi Anda yang masih awam dalam hal pendaur ulangan limbah mungkin Anda akan berfikir bahwa kotoran hewan adalah benda yang kotor dan menjijikkan serta hanya menjadi parasit dalam kehidupan. Namun siapa sangka bahwa kotoran hewan ini ternyata menjadi limbah organik yang cukup berperan penting dalam kehidupan.

Kotoran Hewan Sebagai Pupuk Organik
Kotoran Hewan Sebagai Pupuk Organik

Contoh penerapannya adalah seperti pada pupuk tumbuhan. Tumbuhan yang diberi pupuk dari kotoran hewan menampakkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tumbuhan yang diberi pupuk kimia.

Pengolahan Limbah Hewan dan Manusia Sebagai Biogas
Pengolahan Limbah Hewan dan Manusia Sebagai Biogas

Selain limbah kotoran hewan yang bisa menjadi pupuk, ternyata kotoran manusia dan hewan bisa dijadikan dan didaur ulang menjadi gas yang pada akhirnya gas tersebut bisa Anda gunakan untuk memasak makanan.

2. Kulit Buah

Kulit buah termasuk ke dalam kategori limbah organic yang bersifat basah. Kulit buah ini ternyata bisa diurai dan dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang bernilai seni. Salah satu contohnya adalah dengan dijadikan sebagai kerajinan. Biasanya bentuk kerajinan yang dibuat dengan kulit buah ini adalah tas dan dompet.

Kulit Buah Menjadi Kerajina Tangan
Kulit Buah Menjadi Kerajina Tangan

Namun untuk bisa diolah menjadi kerajinan ini biasanya kulit buah harus mengalami proses pengeringan terlebih dahulu karena sifat dasarnya yang basah.

3. Kulit Telur

Kerajinan Tangan Dari Kulit Telur
Kerajinan Tangan Dari Kulit Telur

Selain kulit buah, kulit telur juga merupakan limbah atau sampah organic yang dapat Anda manfaatkan menjadi benda kerajinan yang bernilai seni. Bahkan saat ini tidak sedikit orang yang mengoleksi kulit telur yang kemudian dijadikan sebagai sebuah kerajinan tangan tertentu dan bernilai ekonomis.

4. Sisa Sayuran dan Dedaunan

Pakan Ternak Dari Sisa Sayuran dan Dedaunan
Pakan Ternak Dari Sisa Sayuran dan Dedaunan

Bagi Anda yang memiliki hewan ternak maka sangat perlu Anda tahu bahwa sisa sayuran atau dedaunan yang Anda punya tidak perlu Anda buang melainkan bisa Anda jadikan sebagai makanan hewan ternak Anda. Dengan memakan makanan organik hewan ternak Anda juga tentunya akan lebih bisa berkembang dengan baik.

5. Tahu dan Tempe Busuk

Limbah Tahu Dengan Pengolahan Khusus Bisa Menjadi Biogas
Limbah Tahu Dengan Pengolahan Khusus Bisa Menjadi Biogas

Siapa sangka bahwa tahu dan tempe yang sudah membusuk ternyata bisa Anda manfaatkan kembali menjadi hal yang sangat berguna dalam kehidupan. Hampir sama dengan kotoran hewan, sisa tahu dan tempe yang sudah membusuk dan tidak layak Anda makan bisa menjadi biogas. Tentu saja perlu cara dan proses tertentu terlebih dahulu sebelum menjadi gas bermanfaat.

Dari pengertian limbah organik dan beberapa contoh yang telah disebutkan di atas maka bisa Anda jadikan sebagai referensi pembelajaran untuk Anda. Dan tentu saja dari sana Anda bisa belajar untuk tidak meremehkan limbah atau sampah organic yang ada di sekitar Anda. 

Baja juga :